Rabu, 16 Januari 2013

Jenis Jenis Eror Dalam Visual Basic

Dalam proses pembuatan program , bisa saja terjadi error yang menyebabkan program tidak berjalan sebagaimana mestinya. dilihat dari penyebabnya ada 3 jenis eror yang bisa terjadi , yaitu :




1. Syntax Error - adalam error yang disebabkan oleh kesalahan menulis kode program . Misalnya salah menuliskan nama object , Property, atau methodnya. error jenis ini relatif mudah ditangani, IDE VB 6 akan memberi tanda kode program mana yang menimbulkan syntax error .

2. Runtime Error - adalah error yang disebabkan oleh sistem komputer ketika melakukan sesuatu .
Misalnya : menyimpan file ke disket tetapi disketnya tidak ada . sistem akan "memberitahu" kepada program informasi error yang terjadi. Informasi error yang penting diantaranya adalah nomer error dan deskripsi error. VB 6 "menyimpan" informasi error tersebut pada object Err. Melalu object Err inilah kita bisa menagani runtime error.

3. Logical Error - adalah error yang disebabkan oleh kesalahan logika pemrograman ( dari si programmer ) . Misalnya : salah melerakan urutan kode program. Error jenis ini relatif sulit diketahui dan bisa saja baru diketahui setelah program di-compile menjadi executable file (*exe). kejadian seperti ini sering disebut bug.

1 komentar:

  1. makasih mas, saya suka ngejim nih kalo lagi ngerjain tugas dari dosen. hatur nuhun.

    BalasHapus